Cinta PKM bersama LP2IM Unimed (PKM-Schooling Part II)

Cinta PKM bersama LP2IM Unimed
(PKM-Schooling Part II)


Medan, (14 Februari, 2015) Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan (LP2IM Unimed) melaksanakan kegiatan PKM Schooling Part II - Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis dan Artikel Ilmiah (PKM GT – AI). Kegiatan ini merupakan kegiatan PKM Schooling kedua yang diadakan oleh Departemen Pengkajian Keilmuan dan Keprofesian (PKK) LP2IM Unimed setelah PKM Schooling Part I yang diselenggarakan bulan September tahun lalu. PKM Schooling Part II diselenggarakan pada Sabtu, 14 Februari 2015 lalu, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Unimed lantai 3 yang berlangsung mulai pukul 08.30 WIB – 16.15 WIB.
Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan dalam Program Kreativitas Mahasiswa, sehingga kegiatan-kegiatan dalam PKM ini bisa menjadi media peningkatan kualitas pembelajaran, meningkatkan atmosfere akademik dan softskill mahasiswa serta meningkatkan kualitas usulan PKM dan mencapai prestasi PKM dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Nurcahyono (Ketua LP2IM Unimed) mengatakan bahwa saat ini unimed mengalami penurunan jumlah PKM yang lolos DIKTI, sehingga butuh penguatan lagi.
Kegiatan ini diikuti oleh 85 orang dari berbagai jurusan di Unimed yang terbentuk menjadi 28 kelompok pengusul PKM. Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan pemateri – pemateri yang berkualifikasi di bidang penelitian dan PKM, termasuk Junifa Layla Sihombing, M.Si, M.Sc yang merupakan dosen kimia dan Ir. Batu Mahadi Siregar, M.T seorang dosen di fakultas teknik yang merupakan pembimbing mahasiswa PKM dan PIMNAS. Selain itu, dalam kegiatan ini panitia menghadirkan Muhammad El Alawi, mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sebagai pemenang PKM GT didanai 2014 dan Ary Anggara Wibowo, mahasiswa jurusan Kimia sebagai pemenang PKM AI didanai 2014 yang juga ikut mengisi materi dan memberi motivasi kepada peserta yang hadir.

Setelah penyampaian materi selesai, peserta dengan kelompoknya masing – masing dibimbing langsung oleh pementor – pementor yang telah dibagikan untuk setiap kelompok pada simulasi PKM untuk membuat PKMnya. Pementor – pementor ini yang akan membantu mereka menyelesaikan PKMnya sampai tahap pengunggahan selesai dan akan dimonitoring oleh departemen PKK. “Kegiatan ini sangat baik dilakukan, sebuah apresiasi untuk panitia penyelenggara, namun hendaknya kegiatan ini dilakukan rutin, tidak hanya kali ini saja, saya siap membimbing kalian. Semoga melalui kegiatan seperti ini, akan ada perwakilan – perwakilan Unimed lolos ke PIMNAS” ungkap Ir. Batu Mahadi, M.T pada penyampaiannya terakhir. (LP2IM Press, 2015)


Dokumentasi PKM Schooling Part II



(Materi III “Pengenalan PKM dan PIMNAS & Memahami Teknik Berpikir kreatif dan inovatif” oleh Ir. Batu Mahadi Siregar, M.T)


(Sharing PKM bersama Ary Anggara Wibowo Pemenang PKM AI didanai Dikti)


(Pemberian Cinderamata oleh Ketua Panitia)


(Materi 1 “ Menakar Arah Penelitian Dan Penulisan Mahasiswa” 
oleh Junifa Layla Sihombing, M.Si, M.Sc)





Pemberian Cinderamata oleh Ketua Panitia kepada Muhammad El Alawi (Pemenang PKM GT didanai Dikti) sebagai pemateri


(Foto bersama peserta PKM Schooling)


(Pemberian Cinderamata oleh Ketua Panitia)


(Pemberian Cinderamata oleh Ketua LP2IM)

Komentar

Posting Komentar