Artikel Pendidikan : Haus akan Pendidikan Berkualitas


Evi Karolina Saragih
Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam

Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya pendidikan tersebut. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini. Mengapa dikatakan demikian?
Karena pendidikan merupakan bekal untuk masa depan. Apa sebernarnya pendidikan itu? Pendidikan umumnya berawal waktu seorang bayi itu dilahirkan dan berjalan seumur hidup. Bagaimana sikap dan perilakunya saat tumbuh dewasa adalah gambaran dari pendidikan yang ia peroleh sejak kecil. Jika orangtua nya mengajarkannya hal yang baik, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, namun jika tidak, maka hal yang terjadi adalah sebaliknya.
Demikian juga lah dengan pendidikan, pendidikan ialah gambaran dari suatu negara. Bila masyarakat didalam negara tersebut adalah masyarakat yang berkepribadian baik maka negara tersebut ialah negara pendidikan yang baik pula. Pribadi yang dimaksud disini ialah, prestasi prestasi yang dapat diraih oleh rakyat dalam negerinya. Dan prestasi inilah juga yang menentukan maju atau tidaknya negara tersebut.
Beralih pada tujuan pendidikan, apa sebenarnya tujuan dari pendidikan tersebut?

Tujuan dari pendidikan ialah
  • memenuhi kebutuhan akan ilmu dan pengetahuan
  • mewujudkan cita cita manusia
  • mempermudah pekerjaan manusia
  • Mendapatkan ilmu yang akan kita butuhkan untuk masa depan
  • Dengan belajar diluar sekolah bisa menambah wawasan yang lebih luas sehingga pengetahuan kita bertambah
  • Dengan mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih luas kita dapat meraih cita-cita yang kita impikan.
Melihat pentingnya pendidikan tersebut, dan melihat minimnya tingkat pendidikan di Indonesia maka diharapkan pemerintah dapat memberikan bantuan dana untuk pendidikan. Minimnya tingkat pendidikan tersebut juga  bukan hanya karena permasalahan dana, namun diperlukan juga gagasan yang begitu mendukung untuk meningkatkan kesadaran masyarkat Indonesia mengenai pentingnya pendidikan. Bila dilihat dari segi bantuan dana dari pemerintah, sekarang sudah diterapkan dana BOS hingga tingkat SMA, bahkan untuk kuliah pun telah ada beasiswa BIDIKMISI bagi yang tidak mampu namun berprestasi. Maka masalah terbesar dalam pendidikan sekarang ialah kesadaran dari masyarakat. Sehingga dengan terwujudnya kesadaran tersebut dapat meningkatkan kualitas masyarakat yang berpendidikan di INDONESIA.

Kualitas suatu pendidikan tersebut juga memiliki nilai, kejujuran dalam hal seleksi juga mempengaruhi nilai dari pendidikan tersebut. Bahkan stategi menyebarluaskan jawaban  UN(Ujian Nasional) pun sudah menjadi rahasia umum. Hal seperti ini tidak seharusnya dibiarkan begitu saja, karena dampak yang diberikan juga sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Bukan hanya itu saja, bahkan untuk seleksi masuk SMA, atau PT pun sudah banyak yang dapat lulus dengan istilah “sogok”. Inikah pendidikan yang baik? Tentu saja bukan, bila kita mampu membersihkan segala hal yang demikian, maka negara kita mampu menjadi negara maju yang benar-benar berkualitas. 

Komentar