Cerminan Pendidikan Negeri Ini


ZUMINARTI
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan 

Pendidikan merupakan salah satu kebutuan pokok dalam kehidupan manusia dengan tujuan untuk berpikir bagaimana menjalani kehidupan dih dunia ini dalam rangka mempertahankan hidup. Manusia sebagai makhluk yang diberi kelebihan oleh Tuhan berupa akal yang tidak dimiliki makhluk Tuhan yang lainnya harus mampu mempertahankan eksistensinya sebagai makhluk yang diciptakan paling sempurna dimuka bumi ini. Dengan demikan, manusia memerlukan pendidikan demi kelangsungan hidup nya.
Dengan pendidikan, seseorang dapat mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta dapat mengembangkan potensi diri. Bahkan, pendidikan dapat mengubah peradaban suatu bangsa. Ditinjau dari pentingnya makna pendidikan bagi bangsa maka diperlukan peran banyak pihak khususnya pemerintah dimana pemerintah mempunyai tugas untuk menciptakan proses pendidikan yang baik dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu mengembangkan setiap aspek kehidupan manusia secara menyeluruh. Dewasa ini pendidikan di Indonesia hanya memperhatikan satu lini kehidupan saja yakni hanya menekankan pada bidang keilmuan. Padahal ada banyak potensi masyarakat khususnya penerus bangsa ini yang perlu diperbaiki dan dikembangkan misalnya pendidikan karakter dan keterampilan.
Pendidikan karakter sangat berguna dalam proses pembangunan bangsa ini. suatu bangsa akan dinilai baik dari karakter masyarakatnya yang baik pula. Ada banyak karakter bangsa ini yang mestinya diperbaiki diantaranya karakter kejujuran, kepedulian, bertanggung jawab dan lain sebagainya. Dengan pembentukan karakter-karakter yang positif diharapkan dapat mengarahkan bangsa ini kearah yang lebih baik. Pembentukan keterampilan juga memilki peran yang tak kalah penting untuk masyarakat di negari ini. Keterampilan berperan dalam hal mempersiapkan masyarakat kepada dunia kerja.
Akan tetapi pada kenyataannya pemerintah kurang memperhatikan hal tersebut. Hal ini terlihat jelas dari merosotnya karakter penerus bangsa ini. Namun, pemerintah belum membuat program yang jelas untuk mengatasi permasalahan yang sudah tidak asing ini. masyarakat perlu bukti dan kerja nyata dari pemerintah untuk memperbaiki karakter-karakter penerus bangsa ini yang kian hari kian rusak dan sangat memprihatinkan. Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan yang baik dan merata.
   Pendidikan yang baik akan mampu merubah masa depan bangsa ini. Dengan pendidikan yang memadai, masa depan bangsa ini akan menjadi lebih cerah. Di sini pendidikan berfungsi sebagai jalan untuk menentukan masa depan bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. Ketika pendidikan menjadi sesuatu hal yang mahal dan tidak merata maka sebenarnya pemerintah sudah menciptakan masalah untuk masa depan bangsa. Tidak meratanya pendidikan di masa kini bisa menjadi pemicu sumber petaka dan masalah di masa depan.
Di banyak negara maju pendidikan sudah merata. Bila ingin Indonesia menjadi negara besar dan maju pemerintah Indonesia harus mulai berpikir secara lebih serius dalam hal pemerataan pendidikan. Saat ini pemerataan pendidikan Indonesia masih jauh dikatakan merata. Ini bisa terlihat betapa besar perbedaan kualitas pendidikan antara di kota besar dan di desa yang terpencil. Mungkin untuk di kota besar kualitas pendidikannya sudah dapat dikatakan memadai, namun bagaimana di desa. Hal ini kembali membuat masyarakat kecewa terhadap pemerintah.

Oleh karena permasalahan-permasalahan pendidikan yang dampaknya sangat meluas ini, maka masyarakat sangat menggantungkan harapan pada pemerintah untuk mengetaskan permasalahan-permasalahan yang munculnya ini dengan bukti dan kerja nyata. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya pemerintah harus benar-benar serius sehingga permasalahan negeri ini khususnya bidang pendidikan dapat terselesaikan dengan sangat baik.

Komentar