MUTU SEORANG GURU ADALAH MUTU SEBUAH BANGSA


Khairunia Hasanah

Guru adalah seorang pendidik yang memiliki andil besar dalam dunia  pendidikan. Dimana seorang guru memiliki posisi yang sentral didalam suatu kelas. Gurulah yang menjadi pemegang kondisi di dalam suatu kelas, sehingga seorang guru harus berkompeten mengajar di dalam sebuah kelas. Apabila seorang guru tidak berkompeten dalam mengajar maka anak-anak tidak akan menerima pengajaran dengan optimal. Misalnya saja didalam suatu kelas terdapat guru yang mengajar hanya dengan seadanya saja ia tidak memikirkan bagaimana cara mengajar agar seluruh siswa tertarik dengan pelajaran, mau mengikuti pelajaran dan memahami apa yang guru ajarkan.
Jika seorang guru hanya memberikan materi pelajaran dan kemudian setelah jam pelajaran selesai guru merasa sudah melaksanan tanggung jawabnya sebagai guru, maka itu adalah suatu hal yang keliru. Apabila cara pengajaran yang dilakukan kebanyakan guru seperti itu maka anak-anak bangsa tidak akan maju. Jangan kita jadikan sekolah hanya sebuah formalitas saja, jika kebanyakan guru melakukan hal seperti itu maka siswa pun juga akan melakukan hal yang serupa. Ia hanya akan duduk diam dan pulang tanpa mendapat bekal, karena kita ketahui tidak semua siswa dapat dengan mudah menerima pelajaran. Ada yang harus sering di ulang ataupun lebih mendapat penjelasan mendalam.
Disinilah tugas guru yang sesungguhnya seorang guru tidak hanya menyampaikan materi yang di ajarkan, tetapi juga memikirkan apakah ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu seorang guru ditantang untuk sabar menghadapi muridnya  terutama dalam mengajar sekolah dasar. Apalagi menghadapi anak yang memiliki kecerdasan yang kurang, pada dasarnya tidak murid yang bodoh dan nakal semua anak masih polos. Disinilah tugas guru untuk menangani hal itu. Guru juga harus memikirkan bagaimana membuat suatu cara mengajar atau metode mengajar yang menarik yang membuat seluruh murid tertarik untuk mempelajari dan mendalami apa yang dijarkan dimana dapat membuat anak semakin peduli dan ingin tahu dengan apa yang di ajarkan, jika anak telah berpikir demikian maka akan muncul ide-ide kreatif dan inovatif yang dihasilkan anak, meskipus ide yang sederhana namun kita harus memberikan apresiasi yang tinggi agar anak tersebut ingin membuat ide yang lebih baik lagi.
Apabila dari dasar anak telah dibiasakan untuk berpikir kreatif, maka saat remaja dan dewasa yang akan mampu menciptakan hal yang besar. Karena dari dasar pemikiran anak sudah diasah sehingga ia tidak akan malas berpikir dan akan berusaha mengembaangkan pikirannya dan menghasilkan suatu inovasi maupun ide-ide kreatif untuk memperbaiki kehidupan. Semua itu tidak terlepas dari motivasi guru dan keberadaan guru yang selalu membimbing muridnya.

Untuk itulah, maka seorang guru benar-benar harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap anak bangsa  dan bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Apabila semua guru memiliki cita-cita yang mulia ini maka semua guru akan berusaha meningkatkan kualitasnya dalam mengajar dan mengajar dengan optimal sehingga dapat menghasilkan anak-anak yang memilki kualitas pendidikan yang tinggi dan menjadi generasi muda yang akan membangun bangsa.

Komentar