Perbedaan Yang Membuat Persamaan

Rina Angraini
Pendidikan kimia ekstensi B 2013 

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam budaya dan suku yang tersebar di berbagai penjuru pelosok Indonesia. Disetiap pulau atau disetiap daerah memiliki lingkungan social budaya yang berbeda-beda.  Lingkungan social budaya tersebut adalah yang menciri khas suatu daerah tersebut.
Ada banyak budaya yang dimiliki masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke, diantaranya ada budaya atau adat batak yaitu disumatra utara, adat jawa, adat minang, adat aceh, dan lain sebagainya. Walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya tetap saja Indonesia memiliki satu orang pemimpin yaitu presiden. Presiden mengayomi masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke dengan berbagai macam budaya dan suku berbeda.
Perbedaan bukanlan suatu masalah melaikan perbedaan itulah yang membuat kita sama. Sama-sama mencintai tanah air Indonesia, sama-sama berjuang untuk memajukan Indonesia, sama-sama bersatu membuat perubahan yang lebih baik. Walaupun dengan budaya yang berbeda, masyarakat Indonesia masih memiliki nurani untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya.
Contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita adalah kehidupan kita, kehidupan kampus kita. UNIMED memiliki mahasiswa lebih kurang 20.000 mahasiswa yang berasal dari sabang sampai merauke bahkan dengan kepercayaan yang berbeda. Berbeda bukan berarti kita beda justru perbedaanlah yang membuat kita sama. Dengan perbedaan kita mampu hidup dan berinteraksi dengan sesame bahkan kita berjuang dan belajar untuk satu tujuan yaitu menjadi pemuda yang berguna untuk negeritercinta ini, berusaha membuat perubahan yang akan mensejahterakan masyarakat Indonesia.
Didalam kehidupan kampus kita sudah terbiasa dengan perbedaan. Bergaul dengan orang yang tidak sebudaya dengan kita adalah suatu pengalaman yang baik. Kita bisa saling berbagi informasi mengenai perbedaanitu dan akhirnya bisa menciptakan kenyamanan yang luar biasa. Dan kita bangga bisa hidup dengan perbedaan itu. Bayangkan saja kita hidup dengan satu budaya, pasti hidup ini tidak berwarna. Tapi walau dengan perbedaan kita merasakan indahnya dunia, penuh warna dan bervariasi.

Jadi, janganlah berfikir kalau budaya berbeda pikiran kita beda, tidak. Kita justru bangga dengan perbedaan itu. Tanpa harus datang kedaerah tertentu kita bisa bergaul dengan orang dari masyarakat itu, bahkan bisa mempelajari budaya mereka.

Komentar