Peserta Lulus Operec Ikuti Sekolah LP2IM (Training Akademik I)


Pada Hari Sabtu 7 November 2015, Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa Unimed mengadakan Training Akademik 1 (TA1) ataupun juga disebut dengan Primary Class dengan Tema “Bangun Kompetensi, Ukir Prestasi Bersama Sobat Cendekia”. Training Akademik 1 ini merupakan jenjang pengkaderan awal bagi peserta yang telah lulus Open Recruitment tahap akhir yaitu interview. Selain itu juga merupakan awal pengenalan dan pembekalan akademik kepada anggota baru LP2IM yang bertujuan untuk membangun anggota-anggota LP2IM menjadi pribadi yang berkompeten. 
Acara Training Akademik 1 ini dimulai pada pukul 08.15 WIB tepatnya di Ruang Kelas Fakultas Ilmu Keolahragaan. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC yang dibawakan oleh Fikransyah, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian kata sambutan oleh Ketua Umum LP2IM UNIMED, penyerahan berkas dari MC ke MOT serta doa. Setelah itu dilanjutkan dengan Orientasi peserta beserta Orientasi Sekolah LP2IM.
Penyampaian Materi Pertama “Bunga Rampai LP2IM” oleh Ketua Umum LP2IM UNIMED. 
LP2IM dilaunchingkan pada hari jumat 30 Mei 2014 pukul 14.30 dikampus UNIMED yang langsung diresmikan oleh Pembina LP2IM Dr.Lisyanto,MSi Sebagai Staff ahli PR II dan dihadiri sekitar 70 orang Mahasiswa dengan 36 orang yang bakal calon pengurus LP2IM. Inilah awal dari pengesahan LP2IM mengarungi roda perjalanannya dalam menumbuhkan iklim keilmuan kampus. LP2IM sendiri memiliki 4 departemen yaitu PSDM, PKK, RIPI dan JH.
Penyampaian Materi 2 “ Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peran Pemuda” oleh Abangda Ikbal Abdillah
Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa agar dapat tercipta mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah : Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Peran Mahasiswa itu sendiri yaitu Agent of Change, Iron Stock dan Guarden of Value.
Penyampaian Materi 3 “ Urgensi Keilmuan” Oleh Bapak Dr. Zulherman
Ilmu adalah hal paling penting dalam kehidupan ini, setiap waktu manusia membutuhkan ilmu . Bukan hanya manusia makhluk lainnya juga membutuhkan ilmu, seperti hewan dan tumbuhan . Takkan ada namanya orang pintar bila tiada yang namanya ilmu. Bodoh atau pintarnya seseorang bukan karena akali pikiran yang diberikan Allah SWT tetapi sejauh mana kita telah berusaha mengasah otak itu supaya genius. Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. 
Dan yang terakhir adalah penyampaian Materi 4 “ Mengenal Potensi Diri” oleh Abangda Indra Lesmana melalui Line Call langsung dari Taiwan.
Potensi diri adalah kemampuan, kekuatan, baik yang sudah terwujud maupun belum terwujud, yang dimiliki seseorang tetapi belum sepenuhnya terlihat. Potensi Kecerdasan dapat seperti menganalisis, merencanakan, menghitung dan lain-lain. Potensi Emosional seperti mengendalikan marah, bertanggung jawab, motivasi dan kesadaran diri. Potensi Spiritual seperti berhubungan dengan kearifan. 
Selain materi-materi yang diberikan, follow up dari Traingn Akademik 1 ini yaitu dibentuknya Team Study dimana akan ada masing-masing satu pementor untuk setiap Team Study. (LP2IM Press/KH, SM, 2015)

Komentar