Formasi LP2IM bersama HMJ se – Unimed


Medan, 07 Desember 2015. Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed melalui Departemen Pengkajian Keilmuan dan Keprofesian (PKK) menyelenggarakan Forum Mahasiswa Ilmiah yang disingkat dengan nama Formasi merupakan bentuk kegiatan diskusi ilmiah kelanjutan dari program Fordim (Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa) periode lalu. Dalam kegiatan Formasi ini mengusung tema “ Berpikir Global Bertindak Lokal” membahas akan masalah sebuah desa di Belawan dengan permasalahan kompleksnya dari segi lingkungan, sosial, ekonomi dan pendidikan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jum’at (04/12/2015) yang berlangsung mulai pukul 14.30 – 16.00 WIB di Ruang Kuliah 178.2.06 fakultas Ekonomi Unimed.kegiatan ini dihadiri 5 HMJ diantaranya HMJ Biologi (3 orang), HMJ Bahasa Asing (2 orang), HMJ PTB (2 orang), HMJ Pendidikan Ekonomi ( 1 orang) dan HMJ Akuntansi ( 1 orang). Selain dihadiri oleh pewakilan HMJ juga para anggota baru LP2IM dan pengurus.

Kata sambutan ketua pelaksana (Fadhillah)

Dalam sambutannya, ketua pelaksana yang merupakan Koordinator Departemen PKK, Fadhillah menyampaikan bahwa kegiatan ini selain menjalin silaturahmi dengan HMJ se – Unimed juga ingin menumbuhkan iklim ilmiah di kampus melalui forum diskusi ini. Selain itu, Ketua Umum LP2IM juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa output dari kegiatan ini harapannya terbentuk ide dan gagasan berupa solusi dari permasalahan atas masalah yang yang disajikan dalam forum diskusi ini untuk dipecahkan bersama sehingga akan terbentuk sebuah desa binaan yang bukan  hanya desa binaannya LP2IM namun HMJ atau bahkan desa binaan Unimed.


Setelah penyampaian kata sambutan dilanjutkan dengan perkenalan sekaligus penyampaian program kerja masing – masing HMJ yang hadir agar terjalin keakraban dan sinergitas yang baik. Beberapa program kerja HMJ diantaranya ; HMJ Biologi memiliki program SMART (Sekolah Masyarakat Terpadu), Program Lingkungan Hidup dan Desa Binaan. HMJ Bahasa Asing memiliki program kerja Sosialisasi PKM. HMJ Pendidikan Ekonomi memiliki program Pengembangan Kreativitas Menulis Mahasiswa. HMJ Akuntansi akan melaksanakan program kerjanya Seminar Internasional terkait MEA pada Februari mendatang.


Melalui tema kegiatan formasi, diskusi diarahkan oleh Muhammad Iqbal selaku moderator dalam pembahasan permasalahan yang terjadi di desa Belawan. Dari hasil observasi Departemen RIPI LP2IM ke desa tersebut memaparkan bahwa desa tersebut memiliki permasalahan yang kompleks baik dari segi lingkungan, ekonomi, sosial dan pendidikan. Masalah yang paling serius di desa tersebut adalah masalah sampah. Melalui forum diskusi ini banyak solusi yang ditawarakan peserta diskusi baik dari pihak HMJ maupun anggota baru dan pengurus. Diantara solusi yang ditawarkan : pengelolaan sampah melalui “Bank Sampah”, membuat rumah baca, membuat program KKN (Koperasi Keluarga Nelayan), pemanfaatan limbah hasil tangkapan nelayan menjadi produk inovatif yang bernilai ekonomis. Banyak solusi yang ditawarkan peserta diskusi, namun dari kesemuanya masih akan dirancang program yang benar – benar dapat direalisasikan di desa tersebut. (LP2IM Press/SOP, 2015) 

Komentar

Posting Komentar