ADVANCE CLASS LP2IM



Medan, 13 April 2016. Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed melalui Departemen PSDM melaksanakan jenjang pengkaderan Training Academic III (Advance Class) kepada alumni Intermediate Class pada Training Academic II tahun 2015. Kegiatan ini diselengarakan pada 09 s.d 10 April 2016 di Gedung BLPLP Jl. A.H Nasution Medan Johor. Dalam pelaksanaan Training Academic III (Advance Class) mengusung tema “Be a Brilliant People” dengan tujuan dapat membentuk dan menjadikan kader LP2IM menjadi orang yang mandiri dengan ide/ gagasan untuk membangun sebuah organisasi dan peradaban yang lebih baik serta memberi perubahan yang nyata bagi masyarakat. Setelah dilakukan seleksi tahap administrasi dan wawancara terhadap 29 peserta, maka terpilih 17 peserta yang berhak mengikuti kelas exclusive ini selama 2 hari.
Hari pertama. Dalam kegiatan kali ini keberangkatan peserta adalah tanggungjawab masing – masing, waktu tiba dilokasi maksimal pukul 08.00 WIB. Setibanya di lokasi peserta diarahkan ke penginapan untuk persiapan sebelum Opening Ceremony dimulai. Selama Opening Ceremony berlangsung terlihat wajah peserta yang menegangkan, melalui sambutannya ketua umum LP2IM, Nurcahyono menyatakan bahwa peserta Training Academic III ini adalah orang – orang terpilih yang memiliki tanggungjawab besar terhadap LP2IM, kampus dan masyarakat. Dalam sambutan PSDM yang diwakilkan oleh Sri Marhaini juga menyatakan selama 2 hari peserta akan dibekali dengan materi dan pengalaman yang membuat peserta lebih siap dan professional menjadi Insan Cendekia yang Berdedikasi. Opening Ceremony ditutup dan kegiatan resmi dibuka dengan penyerahan berkas MC (Bimbi Nullah) kepada MoT (Ridho Prawira).

Penyerahan Berkas dari MC kepada MoT

Suasana forum menjadi lebih santai namun tetap serius melalui pembawaan MoT yang menarik dan menyenangkan. Sebelum peserta dicekoki dengan materi – materi dan agenda super padat, MoT memberikan orientasi dan menyampaikan sosialisasi terkait Advance Class LP2IM kali ini. Selama 2 hari peserta akan dibekali dengan 6 materi dan FGD (Forum Group Discussion) serta agenda lain yang menyertai kegiatan.

 Suasana Forum 


Materi pertama disampaikan oleh Dr. Lisyanto, M.Si. tentang “Analisis IPTEK Kotemporer”. Dalam penyampaiannya, berdasarkan data dari Global Competitive Index. Indonesia memiliki daya saing yang sangat rendah. Hal tersebut juga didukung dengan kesiapan teknologi dan tingkat inovasi di Indonesia sangat rendah sehingga selain pemerintah perlu peranan ilmuwan dan lembaga keilmuan untuk memajukan IPTEK inovatif  yaitu dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan IPTEK untuk menjamin terjadinya proses penciptaan dan pemanfaatan IPTEK.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Agus Purwoko, M.Si tentang “Transformasi Sains Bangsa”. Dalam penyampainannya, transformasi merupakan perubahan bentuk. Jika dikaitkan dengan sains bangsa. Maka transformasi sains bangsa adalah perubahan bentuk ilmu pengetahuan sebagai upaya mewujudkan peradaban bangsa. Dimana ilmu pengetahuan akan terus berubah  dan berkembang dalam dua dimensi, yakni dalam dimensi penemuan dan dimensi perubahan. Untuk itu bangsa harus siap untuk menyambut perubahan tersebut. Dalam hal ini salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah masyarakat Indonesia khususnya kader LP2IM  harus mampu menguasai ilmu pengetahuan dan mampu meningkatkan jiwa entrepreneur.
Materi ketiga disampaikan oleh Ikbal Abdillah S.E. tentang “Perencanaan Strategi Pengembangan Organisasi dan Keilmuan”. Dalam penyampaiannya, LP2IM yang merupakan lembaga keilmuan adalah sebagai sarana untuk mencapai tujuan menumbuhkan iklim keilmuan di kampus Unimed. Dalam membangun pemuda, diperlukan tiga cara yaitu melalui pembangunan kredibilitas moral, kredibilitas social dan kredibillitas professional. Dalam perancangannya organisasi LP2IM memiliki tiga tahapan yang harus dibentuk dengan sebaik-baiknya. Tahapan-tahapan tersebut terdiri atas sistem perencanaan, sistem pelakasanaan, dan sistem evaluasi. Dengan baiknya sistem-sistem tersebut maka harapannya LP2IM dapat dijadikan sebagai payung keilmuan dalam bersinergi dengan senat, HMJ, UKM dan Organisasi yang ada di tataran kampus. Hal ini dapat mewujudkan cita-cita LP2IM yaitu membentuk Unimed partisipatif, Unimed kontributif  dan membungkus sains dengan nilai kebaikan.
Selain diisi dengan 3 materi di hari pertama, di malam harinya dilanjutkan dengan FGD (Forum Group Discussion) yang dipandu oleh Ikbal Abdillah S.E. membahas pandangan peserta terhadap LP2IM terkait perencanaan LP2IM ke depan. Terlihat antusias dan partisipasi aktif peserta dari ide, gagasan dan saran – saran yang diberikan. Diskusi berlangsung selama 3 ½ jam, kegiatan hari pertama diakhiri pada pukul 00.00 WIB.

Hari kedua. Setelah selesai melaksanakan peribadatan, agenda selanjutnya adalah olahraga dan games agar lebih fresh dalam kegiatan di hari terakhir ini. Lanjut pada persiapan dan sarapan sebelum masuk pada agenda materi. Ada 3 materi di hari kedua, diantaranya;
Materi keempat disampaikan oleh Yopi Afrizal Manulang, S.Si, M.Si. tentang “Pemberdayaan Masyarakat”. Dalam penyampaiannya, beliau lebih menekankan pada praktik ComDev itu sendiri, peserta diarahkan untuk melakukan wawancara kepada masyarakat yang memiliki strata sosial – ekonomi yang lebih rendah dibandingkan dengan peserta sendiri, sehingga melalui wawancara tersebut akan dilihat bagaimana kemampuan peserta dalam analisis pemberdayaan masyarakat.
Materi kelima dan keenam disampaikan oleh Hariono, S.Si. dan Yopi Rachmad, S.Pd., M.Si. Kedua materi tersebut merupakan materi tambahan untuk menambah kapasitas diri peserta sebagai insan yang ber- Tuhan.



Rangkaian acara berikutnya adalah sumpah setia peserta Training Academic III yang dipimpin oleh ketua umum LP2IM (Nurcahyono) yang diikuti oleh seluruh peserta yang berhadir dan disaksikan oleh Deputi LP2IM dan instruktur Training Academic III. Acara Training Academic III selesai dan Closing Ceremony penyerahan dari MoT kepada MC untuk mengakhiri kegiatan Training Academic III. (LP2IM Press- SOP, 2016)

Komentar