LP2IM Adakan Training Academic I Peserta Open Recruitment 2016


Medan, 30 Oktober 2016. Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed melalui Departemen PSDM mengadakan Training Academic I (Primary Class) kepada peserta yang lulus tahap akhir Open Recruitment 2016. Kegiatan ini diselengarakan pada 29 Oktober 2016 di Ruang Aula Serbaguna Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Dalam pelaksanaan Training Academic I mengusung tema “Menumbuhkan Semangat Mahasiswa yang Berkompeten sehingga Mampu untuk Berdaya Saing Tinggi”. Training Academic I ini merupakan jenjang pengkaderan awal bagi peserta yang telah lulus Open Recruitment tahap akhir yaitu interview. Selain itu juga merupakan awal pengenalan dan pembekalan akademik kepada anggota baru LP2IM yang bertujuan untuk membangun anggota-anggota LP2IM menjadi pribadi yang berkompeten.  Acara Training Academic I ini dimulai pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan Opening ceremony oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian kata sambutan oleh Ketua Umum LP2IM UNIMED, penyerahan berkas dari MC (Ibnu Rosyid) kepada MoT (Ikhsan Bayhaqi) serta doa yang dipimpin oleh Kiki Santoso. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Orientasi peserta, Sosialisasi Sekolah LP2IM dan pretest.


Materi pertama disampaikan oleh Bapak Wasis Wuyung Wisnubrata, Mp.d. tentang “Mengenal dan Menggali Potensi Diri”. Dalam penyampaiannya, ada beberapa langkah untuk mengetahui potensi diri yaitu (1) Menulis kelebihan dan kekurangan sesuai dengan minat (2) Mempunyai tujuan dan cita-cita untuk menentukan potensi diri ditujukan kemana (3) Latihan, seperti mengikuti perlombaan, (4) Mentalitas, seberapa tahan dalam menghadapi latihan yang dijalani, (5) Membuat peta minat berdasarkan arah minat serta (6) Mencari orang yang mendukung untuk mengembangkan potensi diri dan mental.


Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr.Lisyanto,M.Si. tentang “Peran dan Fungsi Keilmuan”. Seorang mahasiswa harus mampu menguasai bidang ilmunya, menjadi mahasiswa kreatif, aktif, inovatif dan berkompeten sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain.


Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Eko Prasetya, S.Pd.,M.Sc. tentang “Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peran Mahasiswa:”. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. Peran Mahasiswa itu sendiri yaitu harus mengetahui permasalahan  yang terjadi di masyarakat, kemudian melakukan observasi serta menemukan solusi bagi persoalan tersebut.


Materi keempat disampaikan oleh Muhammad Iqbal  tentang “Bunga Rampai LP2IM” yakni pengenalan LP2IM meliputi stuktur organisasi LP2IM, kegiatan yang telah dilakukan hingga prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh LP2IM dan kader-kadernya.

Setelah materi keeempat, peserta diberikan lagi soal posttest untuk menguji sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi-materi yang telah diberikan. Selainitu, follow up dari Training Academic I ini adalah dibentuknya Team Study dimana akan ada masing-masing satu pementor untuk setiap Team Study. Acara Training Academic I selesai dan Closing Ceremony penyerahan dari MoT kepada MC untuk mengakhiri kegiatan Training Academic I. (RD, LP2IM Press 2016)

Komentar