Kajian Online LP2IM

Sabtu, 29 April 2017 – Sedang berlangsung kajian online yang diselenggarakan oleh Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (LP2IM), para admin dari grup WhatsApp “LP2IM-STAR” berinisiatif untuk membuat kajian online tersebut agar akhir pekan anggota LP2IM dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pukul 20.00 – 22.00 WIB tepatnya berlangsung kajian online. Kali ini tema kajian online yang dibahas adalah “Online Learning”. Kajian tersebut dibahas oleh seorang yang mengenal banyak tentang Online Learning yaitu Lafiona Grazelda yang merupakan seorang XLFL Youth Program Ambassador, E-Learn Facilitator, dan Business Development Danone Indonesia.
Online Learning adalah salah satu bentuk metode pembelajaran yang menggunakan teknologi sebagai medianya (tanpa tatap muka langsung). Cara awal belajar online adalah dengan cara registrasi, aktivasi akun, pilih kursus yang diminati lalu mulai belajarnya. Beberapa online learning yg kini sudah ada di Indonesia:
1.    IndonesiaX : open for public, merupakan join venture antara NET TV dan Rumah Perubahan by Rhenald Kasali
2.    Quipper School : online learning berbayar, yg berisikan materi-materi sekolah untuk siswa SD hingga SMA.
3.    Harukaedu : yang mengkhusus-diri untuk jenjang S2 online.
E-Learn didesain untuk millennials dimana kita menerapkan metode belajar dengan video based, dan materi kita khusus untuk pengembangan softskills seperti grooming, public speaking, CV, interview, presentation skills, thinking tools, dll.
Dari hasil survei tahun 2015 (hasil survei 2016 belum tersedia) ternyata Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara di dunia dengan perkembangan E-Learning terpesat. Hal ini didukung dengan percepatan dan pemeratan internet. Hasil research membuktikan bahwa ada lebih dari 350 perusahaan di dunia yang merekrut karyawannya via lulusan dari online learning, dalam case ini Coursera dan juga Udacity. Hal ini disebabkan oleh: (1) Lebih murah (uang, SDM, waktu); (2) Efisien & efektif; (3) Skill sudah teruji tanpa perlu kita mengeluarkan biaya training untuk mereka dan (4) E-Learn free untuk siapapun.

So, bagaimana cara nya untuk mengikuti E-Learning???
Okay, solusinya ialah kalian bisa mendaftar di E-Learning yang kalian inginkan seperti Khan Academy, EdxCourse, dll. Nah, untuk E-Learing di Indonesia kalian bisa mengenal E-Learn dengan klik link berikut ini : http://elearn.xlfutureleaders.com/
Untuk registrasinya kalian bisa klik link berikut ini : http://elearn.xlfutureleaders.com/start-learning/
Kemudian kalian akan menerima email yang berisikan link aktivasi akun kalian.
Tinggal klik linknya dan akun kalian sudah ready!
Setelah akun kalian aktif, kalian dapat log-in ke E-Learn
dan kalian dapat memilih kursus yang kalian butuhkan. Selamat mencoba...

Sekian dari laporan kajian online LP2IM-STAR, we’ll be back next week bye bye J J J

Komentar