KONGRES IV LP2IM 2018




Medan (28/05) – Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed kembali menyelenggarakan Kongres yang keempat kalinya. Kongres IV kali ini yang mengusung tema “Mewujudkan Profesionalisme LP2IM menuju Lembaga Keilmuan yang Berintegritas” berlangsung pada tanggal 26-27 Mei 2018 yang  dilaksanakan di ruang kelas lantai 2 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU, dimulai dengan Opening Ceremony yaitu pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan ketua umum LP2IM (Ikhsan bayhaqi), kata sambutan oleh Deputi (Muhammad Iqbal, S.Pd) dan do’a.  
Penyampaian Stadium General oleh Pembina LP2IM, Bapak Dr. Lisyanto, M.Si
Selanjutnya pada kesempatan Stadium General yang diisi oleh Pembina LP2IM Bapak Dr. Lisyanto, M.Si menyampaikan tentang kondisi pendidikan saat ini dimana pada perguruan  tinggi, mahasiswa dituntut untuk melakukan riset dan membuat jurnal yang terpublikasikan secara nasional maupun internasional, dimana mahasiswa dituntut aktif dan terus berinovasi untuk menjadi peneliti. Berkaitan dengan hal tersebut dan tema yang diusung pada Kongres IV LP2IM ini yaitu “Mewujudkan Profesionalisme LP2IM menuju Lembaga Keilmuan yang Berintegritas” merupakan suatu tema yang berat, namun kita harus tetap optimis untuk mewujudkan hal tersebut dengan cara LP2IM masuk dalam kondisi saat ini sebagai solusi, menjadi wadah yang terus mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidang keilmuan, sehingga LP2IM bisa menjadi sayap yang terus terbang tinggi. Untuk memperkuat hal tersebut, banyak aspek yang harus menjadi perhatian seperti Net Working yang harus terus ditingkatkan seperti tersebar luaskannya kegiatan LP2IM di dalam kampus maupun di luar kampus, dan menjalin kerjasama dengan pihak internal kampus, kemudian aspek publik yang meliputi komponen-komponen yang terlibat dalam kegiatan LP2IM dan operasional pelaksanaan kegiatannya. Berdasarkan tuntutan perkembangan zaman saat ini, orang yang berilmu itu sangat dibutuhkan, sehingga harapannya LP2IM bisa melahirkan ilmuan-ilmuan hebat yang bekerja sesuai analisis kebutuhan, bersinergi dan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa.
Debat Kandidat Ketua Umum LP2IM yang dipandu oleh Nelvi Arianti selaku moderator
Sebelum memasuki rangkaian acara kongres IV, acara diawali dengan Debat Kandidat Calon Ketua Umum LP2IM Periode 2018-2019 yaitu Sekar Hidayatun Najakh (Pendidikan Biologi 2014), Erwin Suryadi (Sastra Indonesia 2015) dan Ikhsan Bayhaqi (Pendidikan Geografi 2014). Debat ini bertujuan menunjukkan kesiapan para kandidat untuk menjadi pemimpin baru LP2IM dengan visi dan misi yang dibawanya. Rangkaian acara debat berlangsung sebanyak empat sesi dimulai pada pukul 10.15 WIB sampai dengan 14.15 WIB dengan Nelvi Arianti sebagai moderator. Dalam acara debat, masing-masing kandidat ketua umum mempresentasikan Grand Design terbaiknya yang berisi visi dan misi serta program unggulan. Selain itu, para kandidat juga harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta debat, panelis serta dari kandidat lain. Acara selanjutnya yaitu pemilihan Ketua Umum LP2IM yang dilakukan dengan pemungutan suara dan penghitungan suara dari seluruh peserta kongres IV LP2IM yang berhadir. Hari pertama Kongres IV itu pun berakhir pada pukul 17.30 WIB dengan agenda sidang kongres yang pimpin oleh ketua Steering Committee (SC) kongres (Annita Azhari Hasibuan) dan sekretaris umum LP2IM Unimed (Lena Zairana).
Pada hari kedua, pukul 09.45 WIB acara dibuka oleh pimpinan sidang paripurna  yaitu Pan Surya Handika (Pimpinan Sidang I) dengan didampingi oleh Dimas Salman Al Farizi (Pimpinan Sidang II). Sidang Kongres terdiri atas Sidang Kongres Paripurna I, Sidang Kongres Paripurna II, dan Sidang Kongres Paripurna III. Kegiatan yang berlangsung dalam Sidang Kongres Paripurna I ialah penyampaian laporan pencapaian kepengurusan oleh Ketua Umum LP2IM Unimed Periode 2017-2018, tanggapan peserta kongres IV terhadap pencapaian kepengurusan oleh Ketua Umum LP2IM Unimed Periode 2017-2018, penyampaian laporan pertangungjawaban departemen dan non-departemen serta pengesahan Laporan Pertanggung Jawaban Kepengurusan LP2IM Unimed periode 2017-2018. Setelah jeda, acara dilanjutkan dengan Sidang Kongres Paripurna II yang dimulai pada pukul 13.15 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB. 
                                             
                     Ikhsan Bayhaqi sebagai Ketua Umum LP2IM terpilih menyampaikan orasinya
Sidang Kongres di hari kedua ditutup dengan acara sidang paripurna III yaitu pembacaan dan pengesahan Ketua Umum Terpilih yaitu Ikhsan Bayhaqi dan orasi perdana Ketua Umum LP2IM terpilih. Inti dari orasi perdananya, Ikhsan Bayhaqi menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan untuk melewati masa depan yaitu (1) memohon pertolongan kepada Allah, (2) Mempererat persaudaraan dan rasa cinta kepada Allah, Unimed dan LP2IM, dan (3) Kerja keras untuk mewujudkan mimpi yang besar. Acara Kongres IV itu pun berakhir dengan Closing ceremony oleh MC.
Ketua Deputi (Ridho Prawira,S.Pd) memberikan potongan pertama kue anniversary LP2IM kepada ketua umum LP2IM terpilih (Ikhsan Bayhaqi)
Kebersamaan awal setelah terpilihnya ketua umum baru LP2IM periode 2018-2019, terwujud dalam acara buka puasa bersama yang dihadiri oleh anggota dan alumni LP2IM sekaligus merayakan “4th Anniversary” LP2IM yang bertepatan pada tanggal 30 Mei. Menjelang berbuka, salah satu alumni terbaik LP2IM, kak Aprilia Handayani yang merupakan awardee beasiswa LPDP memberikan sosialisasi tentang beasiswa LPDP dan memberikan semangat dan motivasi untuk terus meraih impian. 27 Mei 2018, akan tercatat dalam sejarah baru LP2IM, dimana terbangun kembali semangat baru untuk meraih mimpi-mimpi besar, mimpi-mimpi yang dibangun bersama dan akan dicapai bersama-sama. Semoga keberadaan LP2IM terus menyebarkan buah kebermanfaatan ke seluruh penjuru kampus Unimed, penjuru Negeri dan penjuru Bumi. Aamiin (RD/LP2IM Press, 2018).

Komentar