TRAINING COMDEV TUMBUHKAN JIWA MENGABDI

 
    Sabtu, 02 November 2019, telah berlangsung kegiatan training comdev yang diselenggarakan oleh dapartemen RIPI (research interdisciplinary dan pendayagunaan iptek) Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa Unimed di Ruang kelas fakultas dakwah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Kegiatan berlangsung mulai dari pukul 13.00-17.30 WIB.
      Kegiatan ini merupakan pertemuan yang bertujuan untuk mewujudkan cendikiawan muda yang kontributif dan siap mengabdi sesuai dengan tema pada training. Pemberdayaan cendikiawan muda dalam pembangunan desa menjadikan pemuda lebih aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat sehingga, mahasiswa mendapat peran utama sebagai salah satu cendikiawan yang dapat menggali potensi lokal dan mampu memberdayakan masyarakat sekitar.
        Pada pertemuan ini materi yang dibahas ialah sistematika dan mekanisme pengabdian masyarakat. Materi disampaikan oleh Bapak Ismail, S.Hut, MA. Poin – poin penting yang beliau sampaikan mengenai sistematika pengabdian masysrakat antara lain :
Penempatan wilayah pengabdian beserta alasannya.
Spesifikasi bidang pengabdian beserta alasannya.
      Perancangan ide/gagasan guna menyelesaikan problematika dalam masyarakat yang meliputi analisis potensi dan analisis masalah. Selain poin – poin penting diatas, pemateri juga menyampaikan mekanisme pengabdian masyarakat, diantaranya :

  1. Identifikasi masalah yang terjadi pada masyarakat.
  2. Mencari tahu penyebab terjadinya masalah.
  3. Mengahadirkan solusi guna memberantas masalah tersebut.
  4. Bekerjasama dengan setiap elemen masyarakat sekitar guna merealisasikan solusi tersebut.
     Diakhir materinya, Bapak Ismail, S.Hut, MA. Berpesan bahwa solusi yang dihadirkan harus betul-betul solutif dan objektif sebab bukan hanya sekedar kerangka ide yang cemerlang namun juga ide yang adaptif sehingga dapat teraktualisasikan guna mengatasi masalah dalam masyarakat. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia dan pemateri.

Komentar