Ruang Cendekia Edisi 4_Essay_Mhd Ikhsan Ritonga

Pengelolaan Limbah dan Sampah Wujudkan Indonesia Maju
Oleh : Mhd Ikhsan Ritonga

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan hasil kekayaan alam. Sumber daya alam di Indonesia memiliki kekayaan hingga 200 ribu terliun, hal ini diungkapkan oleh pengamat energi, Kurtubi pada 2014 silam. Potensi ekosistem Indonesia yang sangat besar dapat menjadikan negara ini sebagai negara yang lebih maju.

Ekosistem Indonesia sudah mulai tercemar khususnya ekosistem darat yang tercemar akibat limbah pabrik dan sampah. Kepadatan penduduk menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi dan banyaknya pabrik industri yang tidak sesuai SOP (Standar Operasional) melakukan pembuangan limbah pabrik secara sembarangan. Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi permasalahan di Indonesia, berdasarkan riset terbaru SWI sebanyak 24% sampah di Indonesia belum terkelola. Volume sampah di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 66,5 Juta ton hal ini diungkapkan oleh direktur jendral pengeloaan sampah, limbah dan bahan beracun (B3).
Dari data-data yang dipaparkan limbah dan sampah masih perlu diatasi, dan merupalkan hal yang sangat berbahaya bagi kelangsungan ekosistem. Sebut saja sampah sebagai penyebab banjir, limbah pabrik sebagai penyebab penyakit dan pencemaran air. Masalah-masalah tersebut akan terus timbul jika tidak ada penanganan berkelanjutan dari pemerintah. Banyak faktor yang menyebabkan sampah dan limbah yang semakin meningkat, salah satunya adalah faktor pertumbuhan penduduk yang sangat cepat, dan sampah rumah tangga yang digunakan dibuang secara sembarangan. Ditambah lagi dengan peningkatan kawasan permukiman yang padat serta pabrik dan kawasan industri.

Sampai saat ini paradigma pengelolaan sampah yang digunakan adalah: KUMPUL – ANGKUT dan BUANG , dan andalan utama sebuah kota dalam menyelesaikan masalah sampahnya adalah pemusnahan dengan landfilling pada sebuah TPA. Pengelola kota cenderung kurang memberikan perhatian yang serius pada TPA tersebut, sehingga muncullah kasus-kasus kegagalan TPA. Pengelola kota tampaknya beranggapan bahwa TPA yang dipunyainya dapat menyelesaikan semua persoalan sampah, tanpa harus memberikan perhatian yang proporsional terhadap sarana tersebut. Dalam hal ini sangat disayangkan pengelolaan sampah yang tidak efektif dan bahkan dapat menyebabkan perubahan iklim serta penyakit.

Mewujudkan ekosistem yang sehat tidaklah mudah perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan warga. Salah satunya adalah generasi milenial, sebagai objek yang dapat digerakkan untuk wujudkan pengelolaan sampah dan limbah untuk wujudkan Indonesia sehat.

Generasi milenial adalah salah satu aspek yang harus digerakkan dalam penanggulangan limbah dan sampah. Dalam hal ini peran generasi milenial sangat dibutuhkan melihat kondisi sampah dan limbah masih menjadi masalah yang sangat besar dan merusak ekosistem lingkungan hidup serta meningkatkan polusi udara dan menyebabkan perubahan iklim. Mewujudkan Indonesia sehat dengan pengelolaan sampah dan limbah harus dilakukan sejak dini.
Dalam pengelolaan sampah generasi milenial dapat berkontribusi dengan sosialisasi kesadaran sadar sampah ke masyarakat atau dengan cara-cara yang lain. Seperti bank sampah dan program lainnya yang dapat menimbulkan dampak positif. Pengeleloaan sampah dan limbah tidak akan selesai apabila tidak diatasi secara berkelanjutan, untuk mewujudkan Indonesia sehat maka perlu ada kerjasama, antara masyarakat dan pemerintah untuk wujudkan Indonesia sehat dan maju, khususnya generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi pelopor Indonesia sehat bebas sampah dan limbah di daerahnya masing-masing.

Mhd Ikhsan Ritonga merupakan lelaki kelahiran Roncitan, 30 Juli 1998. Tergabung dalam Lembaga Penalaran Dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM UNIMED) dan Forum Lingkar Pena Medan (Flp). Aktif menulis di media massa baik cerpen atau puisi. Beberapa Puisinya juga termaktub dalam antologi bersama seperti Antologi puisi SASINDO UNIMED 2017, INKUMEDIA 2018, Antologi Puisi Negeri Kelapa Sawit (Apajake, 2019). Dan kumpulan puisi tunggalnya “Setapak Jalan” (Guepedia, 2019). Untuk berkomunikasi dapat menghubungi surel ikhsanm799@yahoo.com dan 082363664243 (WA).

Komentar